STRATEGI KOMUNIKASI KPPIP DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF
Abstract
Tujuan penelitian ini meliputi: 1) Untuk mengetahui Strategi Komunikasi Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Dalam Membangun Citra Positif. 2) Untuk mengetahui taktik yang diterapkan KPPIP Dalam Membangun Citra Positif. 3) Untuk mengetahui hambatan dalam menerapkan Strategi Komunikasi KPPIP Dalam Membangun Citra Positif. Metode penelitian adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data penelitian melalui wawancara mendalam. Narasumber penelitian sebanyak tiga orang. Analisis data secara kualitatif. Metode analisis data kualitatif menggunakan konsep Miles dan Huberman.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi KPPIP dalam membangun citra positif yakni pertama, membangun relationship dengan stakeholder. Kedua, membangun hubungan baik dengan media massa. Ketiga, membangun hubungan baik dengan publik eksternal. Taktik yang digunakan seperti membentuk agenda media, menyiapkan data-data yang berkaitan dengan infrastruktur, menyebarluaskan informasi positif seputar capaian pembangunan. Kemudian, hambatan yang ditemukan seperti warga yang lahannya terkena penggusuran mendapatkan informasi yang negatif sehingga memiliki persepsi negatif pada KPPIP. Lalu, diantara lembaga Kementeriaan masih terjadi ego sektoral. Terakhir masalah keterbatasan anggaran untuk kegiatan sosialisasi dan penyelenggaraan event.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.32509/dinamika.v7i1.1363
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Yunitasari Yunitasari, Ali Ali

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexed by:
Recomended Tools:
Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi
Program Pascasarjana, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 082137118246 (Chat Only)
email: dinamika@jrl.moestopo.ac.id
Copyright (c) 2024 Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi
Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







