STUDI RESEPSI TVC SASA VERSI “WELCOME BACK MICIN SWAG GENERATION” TERHADAP GENERASI Y DAN Z
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gerenasi Y dan Z merespesi visualisasi dan pesan yang ada pada TVC produk Sasa versi “Welcome Micin Swag Generation”. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis respepsi yaitu studi yang berfokus pada makna, produksi, dan pengalaman audiens dalam interkasinya dengan teks media. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini ialah paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dengan melakukan wawancara mendalam dengan 6 narasumber serta 1 orang pakar periklanan, Data yang didapat kemudian dianalisa dengan menggunakan teknik keabsahaan data triangulasi sumber. Dari hasil penelitian terdapat 3 orang yang ada dalam posisi Dominant, 2 orang posisi Negotiated, dan 1 orang posisi Oposition. Dalam posisi dominant peneliti menempatkan responden yang menerima pesan serta merubah presepsi generasi micin dalam iklan tersebut. Pada posisi Negotiated, peneliti menempatkan responden yang menerima pesan namun masih ragu akan maksud dalam pesan tersebut. Sementara pada posisi Oposition, peneliti menempatkan responden yang menerima isi pesan namun menolak pembawaannya dengan alasan tertentu. Peneliti menarik kesimpulan bahwa iklan ini belum efektif dalam memberikan pesan dan merubah prespsi kepada generasi Y serta Z.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.32509/dinamika.v7i1.1405
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Inez Faiza Rezka

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexed by:
Recomended Tools:
Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi
Program Pascasarjana, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 082137118246 (Chat Only)
email: dinamika@jrl.moestopo.ac.id
Copyright (c) 2024 Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi
Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







