RESEPSI MAHASISWA PADA K-DRAMA BUSINESS PROPOSAL DI SBS & NETFLIX
Abstract
Business Proposal adalah drama Korea bergenre komedi romantis diadaptasi dari webtoon yang mendapatkan popularitas dan menarik banyak penonton tidak hanya dari Korea Selatan tetapi juga dari negara lain karena ditayangkan di dua saluran Seoul Broadcasting System (SBS) dan platform streaming Netflix. Mahasiswa sebagai penonton berasal dari berbagai latar belakang dan pengalaman berbeda yang dapat menciptakan persepsi seperti halnya ketika menonton drama Korea Business Proposal. Dari konteks di atas penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa menonton Business Proposal di SBS & Netflix dengan menggunakan metode penelitian studi resepsi. Hasil penelitian menunjukkan persepsi mahasiswa memiliki keberagaman berdasarkan universitas, jurusan, jenis kelamin dan usia yang berbeda-beda. Dari persepsi tersebut adanya resepsi atau penerimaan mahasiswa terhadap drama Business Proposal, dari mahasiswa yang sudah membaca versi webtoon memiliki kategori penerimaan yang berbeda-beda yaitu ada yang dominan, negosiasi dan oposisi dan bagi mahasiswa yang belum membaca sebagian besar berada di posisi dominan dan negosiasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adi, T. N. (2012). Mengkaji Khalayak Media Dengan Metode Penelitian Resepsi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1). https://www.yumpu.com/id/document/read/43214453/mengkaji-khalayak-media-dengan-metode-penelitian-resepsi
Batubara, J. (2017). Paradigma Penelitian Kualitatif dan Filsafat Ilmu Pengetahuan dalam Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 3(2), 95. https://doi.org/10.26638/jfk.387.2099
Bora, K. (2022). ‘사내맞선’ 안효섭·김세정, 이덕화→윤상정 발각 위기…최고 14.1% < 연예 < 문화 < 기사본문 - 싱글리스트. Slist.Kr. http://www.slist.kr/news/articleView.html?idxno=342002#_enliple
Dayana, & Zahara, W. F. (2020). Pengaruh Terpaan Drama Serial Korea Pada Aplikasi Viu Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Hiburan Mahasiswa Universitas Sumatera Utara. Komunika: Jurnal Ilmu Komunikasi. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127%0Ahttp://publicacoes.cardiol.br/portal/ijcs/portugues/2018/v3103/pdf/3103009.pdf%0Ahttp://www.scielo.org.co/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S0121-75772018000200067&lng=en&tlng=
Djafar, I. (2021). Resepsi Mahasiswa Fakultas Dakwah dam Komunikasi UIN Alauddin Makassar Terhadap Nilai-Nilai Islam Dalam Film Wedding Agreement. UIN Alauddin Makassar.
Effendi, M. N. A., Malihah, E., & Nurbayani, S. (2016). Impact of Korean Drama in Indonesia Through the Spread Moral Values for Young Generation. https://doi.org/10.2991/icse-15.2016.103
Fitria, N. E. (2021). Analisis Resepsi ARMY Nganjuk Terhadap Isi Pesan pada Iklan Gojek Versi BTX “IT’S OKAY TO BE LEBAY.” Commercium, 4.
Hanifah, B. L. (2022). Kim Sejeong Tanggapi Komentar Jahat tentang “A Business Proposal” karena Punya Alur Klise - Zona Banten. Zonabanten.Pikiran-Rakyat.Com. https://zonabanten.pikiran-rakyat.com/entertainment/pr-234067790/kim-sejeong-tanggapi-komentar-jahat-tentang-a-business-proposal-karena-punya-alur-klise
Kementerian Komunikasi dan Informatika. (2016). Jenis acara yang disukai penonton televisi menurut jenis kelamin, 2016 - Lokadata. Lokadata. https://lokadata.beritagar.id/chart/preview/jenis-acara-yang-disukai-penonton-televisi-menurut-jenis-kelamin-2016-1511336554
Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). In Bandung: Rosda Karya. http://www.academia.edu/download/35360663/METODE_PENELITIAN_KUALITAIF.docx
Nabilla, F. (2022). Sinopsis A Business Proposal: Drama Kencan Buta Karyawan dan CEO-nya - Bagian 2. Suara.Com. https://www.suara.com/entertainment/2022/01/21/180212/sinopsis-a-business-proposal-drama-kencan-buta-karyawan-dan-ceo-nya?page=2
Nur, A. S. (2018). Analisis Resepsi Opinion Leader pada Pemberitaan Calon Gubernur Nurdin Abdullah di Harian Fajar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Pahlevi, R. (2021). Survei KIC: Masyarakat Lebih Percaya Televisi dan Media Sosial Ketimbang Situs Resmi Pemerintah | Databoks. Databoks Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/21/survei-kic-masyarakat-lebih-percaya-televisi-dan-media-sosial-ketimbang-situs-resmi-pemerintah
Paramita, G. V. (2010). Studi Kasus Perbedaan Karakteristik Mahasiswa di Universitas ‘X’-Indonesia dengan Universitas ‘Y’-Australia. Humaniora, 1(2), 629. https://doi.org/10.21512/humaniora.v1i2.2904
Pusparisa, Y. (2020). LIPI: Masyarakat Menonton Drama Korea Lebih dari Enam Kali dalam Sepekan. Databoks Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/30/lipi-masyarakat-menonton-drama-korea-lebih-dari-enam-kali-dalam-sepekan
Putri, I. P., Liany, F. D. P., & Nuraeni, R. (2019). K-Drama dan Penyebaran Korean Wave di Indonesia. ProTVF, 3(1), 68. https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i1.20940
Sely, T., & Aladdin, Y. A. (2018). Analisis Resepsi Pembaca Tribunnews.com Dari Kalangan Mahasiswa/I Universitas Indonesia Terhadap Insiden “Kartu Kuning” Ketua BEM UI. Jurnal SEMIOTIKA, 12(1), 62–72.
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
Talitha Reyhan Widana, & Hermanu, D. H. (2021). Faktor Menonton Drama Korea Melalui Media Online (Web) Pada Remaja Putri. Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(2), 400–419. https://doi.org/10.37329/ganaya.v4i2.1328
Tempo.co. (2022). Drama A Business Proposal Puncaki Daftar Top 10 Netflix 3 Minggu Berturut-turut. Tempo.Co. https://www.kompas.com/hype/read/2022/04/06/154603066/drama-a-business-proposal-puncaki-daftar-top-10-netflix-3-minggu-berturut
Thoha, M. (2014). Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Grafindo Persada.
Topan, D. A., & Ernungtyas, N. F. (2020). Preferensi Menonton Drama Korea pada Remaja. Jurnal Pustaka Komunikasi, 3(1), 37–48. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/pustakom/article/view/974
Utami, A. D., Farid, M., & Sonni, A. F. (2019). Persepsi Ibu Rumah Tangga Terhadap Serial Drama Televisi Elif di SCTV (Riset Audiens di Kelurahan Caile Kabupaten Bulukumba). Jurnal Ilmu Komunikasi, 8. https://journal.unhas.ac.id/index.php/kareba/article/view/8899/4610
Yazid, T. P., & Ridwan. (2017). Proses Persepsi Diri Mahasiswi dalam Berbusana Muslimah. Jurnal Pemikiran Islam, 41(2), 193.
DOI: https://doi.org/10.32509/dinamika.v8i2.4064
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recomended Tools:
Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi
Program Pascasarjana, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 082137118246 (Chat Only)
email: dinamika@jrl.moestopo.ac.id
Copyright (c) 2024 Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi
Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







