STRATEGI EKSISTENSI MAJALAH ‘P’ PADA ERA KONVERGENSI MEDIA

Effendi Gazali

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk membangun strategi bisnis agar eksistensi majalah ‘P’ dapat berkembang sebagaimana mestinya pada era konvergensi media. Konvergensi media merupakan pegabungan atau pengintegrasian dua atau tiga media yang eksis untuk dapat digunakan dan difokuskan ke dalam satu tujuan tertentu. Konvergensi media juga biasanya ditujukan untuk mengimbangi perkembangan teknologi komunikasi digital yang sangat memungkinkan peningkatan jalur jaringan komunikasi yang cepat, tepat, dan progresif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Kegiatan penelitian dengan melakukan identifikasi melalui penelusuran dokumen, rekaman arsip, wawancara, observasi langsung, observasi pemeran, dan perangat fisik. Dengan menggunakan informan sebanyak 7 narasumber. Pengumpulan data dengan menggunakan data primer dan sekunder. Hasil penelitian menyebutkan bahwa, 1) asrategi yang dilakukan untuk tetap eksis adalah dengan salah satunya mengupayakan konvergensi media pada produksi kegiatan produksi, 2) mengembangkan manajemen bisnis kearah multiplatform, 3) tetap memproduksi bentuk cetak, dan 4) menggunakan sosial media sebagai bagian dari perkembangan proses bisnis.


Keywords


Eksistensi Bisnis; Konvergensi Media; Manajemen Strategi Komunikasi

Full Text:

PDF

References


Allbaran, Alan R. (2010). The Media Economic. UK: Routledge.

Albarran, Alan B, Sylvia Chan-Olmsted & Michael O Wirth. (2006). Handbook of Media Management and Economics. New Jersey : Lawrence Erlbaum Associates.

Alfredi Trivino dalam Asmono Wikan,(2011) Digitalisasi mengubah Ritual Jurnalisme, Media Directory.

August, E Grant dan JS. Wilkinson. (2009). Understanding Media Convergence: The State of the Field. New York: Oxford University Press.

Bungin, Burhan; (2002) New Media dan Perkembangannya; Konstruksi Sosial Telematika dan Inovasi Media Baru, Seminar dan Lokakarya “Being Local in National Context : Understanding Local Media and Its Struggle”, Universitas Kristen Petra Surabaya.

Brown, Lawrence A., Innovation Diffusion: A New Perpevtive. New York: Methuen and Co.

Cangara, Hafied. (2002). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Carr, Forrest, C,A Tuggle dan Suzaane Huffman, (2011) Writing, Reporting And Producting in The Age Of Social Media, Texas Cristian University,Fifth Edition

Creeber, G. and Martin, R., (ed)., (2009). Digital Cultures: Understanding New Media, BerkshireEngland: Open University Press

Cresswell, J.W. (2009). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif and Mixed. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dewdney, Andrew., and Ride, Peter. (2006). The New Media Handbook. London. Routledge.

Denzin & Lincoln. (2009). Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Dominick, J. R. (2009). Mass Media Research.Illionis: Wadsworth Publishing

Dwyer, Tim. (2010). Media Convergence, Issues in Cultural and Media Studies.

Effendy, Onong Uchjana. (2003) Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung, PT. Citra AdityaBakti

Effendy, Onong Uchjana. (2000). Kamus Komunikasi. Bandung : PT. Mandar Maju

Faisal, Sanafiah. (1999). Format-Format Penelitian Sosial.Bandung:PT. Remaja Rosda karya

Fiddler, Roger. (2003). Mediamorfosis. Yogyakarta: Bentang Budaya

Flew, Terry. (2002). New Media: An Introduction. Melbourne: Oxford University Press..

Guba, Egon G., and Yvonna S. Lincoln. (1994). “Competing Paradigms in Qualitative Research,” dalam Norman K. Denzim and Yvonna S. Lincoln (eds). Handbook of Qualitative Research. California: Sage Publications

Glueck, William F dan Lawrence R. Jauch. (1991). Manajemen Strategi dan Kebijakan Perusahaan. (Murad dan Henry Sitanggang, Penerjemah). Jakarta : PT. Gelora Aksara Pratama.

Grant A. E. & Wilkinson, J. S. (2009). Understanding Media Convergence: The State of the Field, NY: Oxford University Press

Grant, Robert M. (1997). Contemporary Strategy Analysis. 2nd . Blackwell Publisher Inc

Hadad, Toriq, Bambang Bujono, (1997) Seandainya Saya Wartawan Tempo, Institut Studi Arus Informasi & Yayasan Alumni TEMPO, Cetakan Kedua.

Hariadi, Bambang. (2005). Manajemen Strategi. Malang : Bayu Media Publishing.

Hartono. (2004). Statistik untuk penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Harvey, David. (2007). A Brioef History of Neoliberalism. Oxford : Oxford University

Henry Jenkins. (2006). Convergence Culture, Where Old and New Media Collide. New York: New York University Press.

Jenkins, Henry. (2006). Convergence Culture, Where Old and New Media Collide. New York University

Jhonston, L. M. (2005), Chapter 10: Narrative Analysis. Druckman, D.(2005). Doing Research: Methods of Inquiry for Conflict Analysis. London: Sage Publications.

J. Salusu. (2006). Pengambilan Keputusan Strategik Untuk Organisasi Publik dan Organisasi Non Profit. Grasindo. Jakarta.

Karam, F J Castilhos. (2009). Journalism in the Age of the Information Society, Technological Convergence, and Editorial Segmentation: Prelimianry Observation. Journalism 10: 109.

Kriyantono, Rachmat. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Lexy J., Moleong. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT RemajaRosdakarya.

Lister, Martin. (2003). Cetakan pertama, New Media : A Critical Introduction. London : Routledge

Lister, M., et al. (2009). Cetakan ke empat, New Media: A critical introduction. London : Routledge London : McGraw Hill & Open University Press

Lievrouw, Leah. (2011). Alternative and Activist New Media. Malden, Ma: Polity Press.

McLuhan, Marshall. (1999). Understanding Media; The Extension of Man. London : Routledge.

McQuail, D. (2009). Teori Komunikasi Massa McQuail, Edisi 6 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika

Melkote, Srinivas R. (1998). Communication for development in the third world: theory and practise. Cetakan ke-7. London: Sage Publications

Moleong, J. Lexy. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. RemajaRosdakarya.

Mondry. (2008). Pemahaman Teori dan Praktik Jurnalistik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mulyana, Deddy. (2006). Metodelogi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

McChesney, Robert W. (1998) b. Media Convergence and Globalization dalam Daya Kishan Thussu (ed) Global Media and Local Resistance, London: Arnold.

Nainggolan, Bestian. (2017). Market Typology, Concentration, and Competition of National Media Conglomerate in Indonesia. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia. Vol 2(1): 27-32

Nazir, Muhammad. (1988). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia.

Noor, Henry Faizal. 2010. Ekonomi Media. Jakarta: Rajawali Pers

Oetama, Jacob. (1989). Perspektif Pers Indonesia. Jakarta: LP3ES

Oetama, Jacob. (2001). Pers Indonesia Berkomunikasi dalam Masyarakat Tidak Tulus: Percetakan PT. Gramedia. Jakarta, Oktober.

Paschal Preston. (2001). Reshaping Communications. London: Thousand Oaks, Calif: Sage.

Pirker, Horst, et.all. (2009). The MMM Strategy. IFRA, Report No. 10 February

Patton, Michael Quinn.(2009). Metode Evaluasi Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Quinn, James Brian, Henry Mintzberg dan Jhon Voyer, (1997) “The Strategy Process”. London: Prentice Hall International, Inc.

Rogers, E.M. dan Shoemaker, F.F., (1971), Communication of Innovations, London: The Free Press.

Rogers, Everett M., (1983), Diffusion of Innovations. First Edition, London: The Free Press.

Rogers, Everett M, (1995), Diffusions of Innovations, Forth Edition. New York: Tree Press.

Roger Fidler. (2003). Mediamorfosis. Yogyakarta: Bentang.

Ruslan, Rosadi,(2006) Manajemen public relations dan media komunikasi konsepsi dan aplikasi, Jakarta : RajaGrafindo Persada.

Sutopo, HB. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif Dasar Teori dan Terapannya Dalam Penelitian, Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press.

Sambo, Masriadi dan Jafaruddin Yusuf. (2017). Pengantar Jurnalisme Multiplatform, Depok, Prenadamedia Group.

Salim, Agus. (2006). Teoridan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Salim, Agus. (2001). Teoridan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Sugiyono.( 2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: AlfaBeta

Usman Ks. (2009).Ekonomi media: pengantar konsep dan aplikasi. Bogor: Ghalia Indonesia

Wikan, Asmono. (2010) Tahun-Tahun yang Menantang bagi Media Cetak. Media Directory.

Yin, Robert K. (2008). Studi Kasus (Desain dan Metode). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.32509/dinamika.v8i2.4065

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


 Indexed by:

        

Recomended Tools:

 



Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi

Program Pascasarjana, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 082137118246 (Chat Only)

email: dinamika@jrl.moestopo.ac.id

 

Copyright (c) 2024 Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi

Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.