ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL PADA AKUN INSTAGRAM @smkbaktikaryaparigi DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN DONATUR
Abstract
Pendidikan sebagai subkultur masyarakat harus mampu berkontribusi dalam membangun kerukunan perbedaan di atas, terutama perbedaan agama. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam hal ini adalah praktik manajemen sekolah multikultural. Keberadaan manajemen sekolah multikultural menunjukkan bahwa sekolah secara resmi mengakui keragaman melalui kebijakan untuk mengatur dan menerima keragaman ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara, dokumentasi dan triangulasi data. Sedangkan analisis data yang digunakan Teknik analisis data model Spradley dengan domain, taksonomi, komponen, budaya dan analisis triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Adanya masyarakat multikultural dikampung Nusantara, ini terbentuk dengan kesengajaan, namun dalam proses integrasi sosialnya tercipta secara alami, dimana masyarakat berintegrasi dengan dorongan nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku dimasyarakat dengan didukung oleh adanya saling ketergantungan masyarakat asli dan pendatang dalam memenuhi kebutuhan, seperti pendidikan, ekonomi, dan kehidupan sosial lainnya. Sikap toleransi yang terjadi pada masyarakat multikultural dikampung Nusantara ini terjadi karena adanya dukungan dari dalam dan luar masyarakat. Kondisi geografis yang strategis, keselarasan dari pendidikan dan ekonomi dan terjalinnya komunikasi yang baik antar penduduk. Penerapan manajemen sekolah multikultural di SMK Bakti Karya didasarkan pada pengakuan dan keterlibatan seluruh unsur perbedaan yang ada di lingkungan sekolah melalui fungsi manajemen. Sikap pluralis atau inklusif muncul di lingkungan sekolah karena sistem dibuat untuk mendukungnya. Dalam hal ini, keberadaan SMK Bakti Karya dirancang sebagai sekolah multikultural, sehingga pengelolaannya juga dimaksudkan untuk mendukung terwujudnya nilai-nilai multikulturalisme dan inklusivitas dalam sekolah. Bentuk inklusivisme agama yang terdapat di lingkungan SMK Bakti Karya Parigi antara lain: (1) Kebebasan beribadah, (2) Penyediaan Guru untuk setiap agama, (3) Menghormati hari besar keagamaan, (4) Gotong royong
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditya, R. (2015). Pengaruh media sosial Instagram terhadap minat fotografi pada Komunitas Fotografi Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa FISIP, 2(2), 1–14. Retrieved from jom.unri.ac.id › JOMFSIP › article › view%0A
Aisah, D. D., & Prasetyawati, Y. R. (2018). Pengaruh konten dan gaya komunikasi di platform konsultasi berbasis online @ ibunda_id terhadap brand awareness. Wacana, 17(1), 29–38. https://doi. org/10.32509/wacana.v17i1.510
Ardianto, E., & Soemirat, S. (2007). Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama.
Ayutiani, D. N., & Putri, B. P. (2018). Penggunaan akun Instagram sebagai media informasi wisata kuliner. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 39–59.
Bataineh, A. (2015). The impact of perceived e-WOM on purchase intention: The mediating role of corporate image. International Journal of Marketing Studies, 7(4). https://doi.org/10.5539/ijms. v7n1p126
Gassing, S., & Suryanto. (2016). Public Relations. Yogyakarta: Andi Publisher.
Goldsmith, R. D., & Horowitz, D. (2006). Measuring motivations for online opinion seeking. Journal of Interactive Advertising, 6(2), 2–14. https://doi.org/https://doi.org/1 0.1080/15252019.2006.10722114
Habibah, S., & Kartib, B. (2012). Pengaruh kualitas pelayanan dan citra sekolah terhadap kepuasan siswa pada SMK swasta Kabupaten Subang. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen UNIKOM, 02(01), 63–71. Retrieved from ojs.unikom.ac.id › index. php › jimm › article › view%0A
Hennig-Thurau, T., Gwinner, K. P., Walsh, G., & Gremler, D. D. (2004). Electronic wordof-mouth via consumer-opinion platforms: What motivates consumers to articulate themselves on the Internet? Journal of Interactive Marketing, 18(1), 38–52. https://doi.org/https://doi.org/10.1002/ dir.10073
Jefkins, F. (2003). Public Relations 5th Edition. Jakarta: Erlangga.
Jeong, E., & Jang, S. (Shawn). (2011). Restaurant experiences triggering positive electronic word-of-mouth (eWOM) motivations. International Journal of Hospitality Management, 30(2), 356–366. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2010.08.005
DOI: https://doi.org/10.32509/dinamika.v8i2.4066
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recomended Tools:
Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi
Program Pascasarjana, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 082137118246 (Chat Only)
email: dinamika@jrl.moestopo.ac.id
Copyright (c) 2024 Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi
Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







