Optimalisasi Market Share dalam Peningkatan Penjualan pada Sociopreneur Tiara Handicraft Hadirkan Peluang Bagi Disabilitas

Pregnandia Ladina, Lily Harlina Putri

Abstract


Optimalisasi market share sangat penting bagi Sociopreneur Tiara Handicraft untuk memperkuat posisinya di pasar sekaligus memberikan dampak sosial positif, khususnya dalam pemberdayaan penyandang disabilitas. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mengembangkan, dan menerapkan strategi efektif guna memperbesar market share dan meningkatkan penjualan produk kerajinan tangan yang dihasilkan oleh komunitas disabilitas. Metode yang digunakan meliputi sosialisasi, pelatihan intensif terkait pemasaran digital dan teknik live streaming melalui platform Shopee dan TikTok, penerapan teknologi pendukung, serta pendampingan berkelanjutan untuk memahami posisi pasar, perilaku konsumen, segmentasi, dan strategi komunikasi pemasaran yang inklusif. Strategi utama difokuskan pada pemanfaatan media sosial, branding produk, serta kolaborasi dengan lembaga sosial dan komunitas digital. Diharapkan, kegiatan ini dapat memberikan peningkatan signifikan terhadap penjualan produk Tiara Handicraft, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan visibilitas gerakan sociopreneur berbasis disabilitas. Lebih dari itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran publik terhadap pentingnya inklusi ekonomi dan membuka lebih banyak peluang kerja serta pelatihan keterampilan bagi penyandang disabilitas. Model kegiatan ini dapat direplikasi sebagai bentuk pengembangan bisnis sosial berkelanjutan di berbagai wilayah Indonesia.


Full Text:

PDF

References


Annur, C. M. (2023). Jumlah Pekerja Disabilitas Indonesia Meningkat pada 2022, Didominasi Laki-laki. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/ketenagakerjaan/statistik/d2cb5f55321ce34/jumlah-pekerja-disabilitas-indonesia-meningkat-pada-2022-didominasi-laki-laki

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2016). KBBI VI Daring.

Carroll, A. (2012). World report on disability. Irish Medical Journal, 105(5). https://doi.org/10.1111/j.1741-1130.2011.00320.x

KEMENKO PMK. (2023). Pemerintah Penuhi Hak Penyandang Disabilitas di Indonesia. KEMENKO PMK.

Khamimah, W. (2021). Peran Kewirausahaan Dalam Memajukan Perekonomian Indonesia. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(3), 20–17. https://doi.org/10.32493/drb.v4i3.9676

Mahmudah, U., & Lola, M. S. (2018). Robust approach for efficiency measurement of employee performance under profit sharing system. Economic Journal of Emerging Markets, 10(1), 1–7. https://doi.org/10.20885/ejem.vol10.iss1.art1

Mulyani, K., Sahrul, M., & Ramdoni, A. (2022). Ragam diskriminasi penyandang disabilitas fisik tunggal dalam dunia kerja. KHIDMAT SOSIAL: Journal of Social Work and Social Services, 3(1), 11–20. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/khidmatsosial/article/view/14448

Nasrudim, D. (2021). Kewirausahaan Sosial (B. Arianto (ed.)). Eureka Media Aksara.

Nengsih, N., & Suryadi, B. (2025). Implementasi Kebijakan Hak Pekerja Bagi Penyandang Disabilitas di Sektor Swasta Kota Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Muqoddimah : Jurnal Ilmu Sosial, Politik, Dan Humaniora, 9(2), 732. https://doi.org/10.31604/jim.v9i2.2025.732-740

Noviasari, D. T., & Nurwati, N. (2020). Perlindungan Tenaga Kerja Disabilitas dalam Perspektif Hak Asasi Manusia. Borobudur Law Review, 2(1), 16–29. https://doi.org/10.31603/burrev.3921

Nugraheni, N. I. (2024). Word of Mouth (WoM) dalam Komunikasi Pemasaran Industri Rumah Tangga (IRT) Jamu di Pemakasan Madura. Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 4(2).

Pinheiro, P., Daniel, A., & Moreira, A. (2021). Social Enterprise Performance: The Role of Market and Social Entrepreneurship Orientations. VOLUNTAS: International Journal of Voluntary and Nonprofit Organizations, 32(1), 45–60. https://doi.org/10.1007/s11266-020-00266-x

Pratama, W. (n.d.). Serapan Tenaga Kerja Disabilitas Jatim Naik, tapi Belum Ideal. Suara Surabaya. https://www.suarasurabaya.net

Widarini, D. A., Kusuma, E. S., & Antiey, M. N. (2024). Strategi Komunikasi Digital dalam Penyebaran Informasi GEDSI. Jurnal Pustaka Dianmas, 4(2), 95–104. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/dianmas

Yunus, M. (2010). Building Social Business: The New Kind of Capitalism That Serves Humanity’s Most Pressing Needs. ReadHowYouWant.com.




DOI: https://doi.org/10.32509/dianmas.v5i1.5816

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Indexed by:

      

Recommended Tools :

 


JURNAL PUSTAKA DIANMAS

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: pustakadianmas@jrl.moestopo.ac.id