STRATEGI KOMUNIKASI SIDINA COMMUNITY DALAM MEMASYARAKATKAN PROGRAM MERDEKA BELAJAR TAHUN 2023

Anang Kusuma, Hadiati Hadiati, Yunita Sari

Abstract


Pendidikan di Indonesia menghadapi berbagai tantangan, seperti kurikulum yang terlalu padat, metode pembelajaran yang kurang inovatif, serta kesenjangan akses pendidikan di berbagai wilayah. Untuk menjawab persoalan tersebut, program Merdeka Belajar dirancang sebagai upaya untuk memberikan kebebasan dan fleksibilitas lebih besar bagi satuan pendidikan, guru, dan siswa dalam menciptakan proses pembelajaran yang lebih kontekstual, kreatif, dan partisipatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi komunikasi yang diterapkan oleh Sidina Community dalam memasyarakatkan program Merdeka Belajar pada tahun 2023. Fokus kajian terletak pada tantangan, hasil, dan evaluasi pelaksanaan strategi komunikasi yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus untuk menggali secara mendalam proses yang dijalankan oleh komunitas tersebut dalam menyampaikan pesan edukatif kepada publik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi dilakukan melalui webinar, media sosial khususnya Instagram, serta pelatihan kepada anggota sebagai bentuk perpanjangan pesan. Evaluasi menunjukkan bahwa strategi ini relevan dan cukup efektif dalam menjawab tantangan yang ada. Meski demikian, Sidina Community tetap melakukan evaluasi berkala untuk memastikan kesesuaian strategi dengan dinamika lapangan dan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang.  


Keywords


Komunikasi; Strategi Komunikasi; Merdeka Belajar

Full Text:

PDF

References


Ainia, D. K. (2020). Merdeka belajar dalam pandangan Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya bagi pengembangan pendidikan karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3). https://doi.org/10.xxxxx

Algiwity, D., Majid, A., & Muttagin, A. (2021). Strategi komunikasi publik melalui media publisitas Universitas Muslim Indonesia Makassar dalam penyebaran informasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka tahun 2021. Makassar: Universitas Muslim Indonesia.

Ansori, F. P. (2022). Merdeka belajar dalam pendidikan Indonesia. Jurnal Multidisiplin Pembelajaran (JUMPA), 3(2). https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/jumpa

Batubara, J. (2017). Paradigma penelitian kualitatif dan filsafat ilmu pengetahuan dalam konseling. Jurnal Fokus Konseling, 3(2), 95–107. https://doi.org/10.26638/jfk.387.2099

Darlis, A., et al. (2022). Pendidikan berbasis Merdeka Belajar. Analytica Islamica, 11(2), 393–402.

Doembana, I., Rahmat, A., & Farhan, M. (2017). Buku ajar manajemen dan strategi komunikasi pemasaran. Yogyakarta: Zahir Publishing.

Elyas, H., Iskandar, E., & Suardi. (2020). Inovasi model sosialisasi peran serta masyarakat Kecamatan Hamparan dalam pemilu. Jurnal Warta, 14(1), 2–8.

Golagil, V. A., Tsabit, M., & Syarief, F. (2020). Pemanfaatan webinar sebagai media komunikasi pemasaran di masa pandemi Covid-19 (Studi kasus: Webinar BSI Digination). Cakrawala, 20(2). http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala

Harahap, S. M., Rizki, J. W. S., & Siregar, E. Z. (2022). Strategi komunikasi organisasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Haryanto, E. (2008). Teknologi informasi dan komunikasi: Konsep dan perkembangannya. Yogyakarta: Penerbit tidak disebutkan.

Kurniati, D. P. Y. (2016). Model komunikasi verbal dan non-verbal. Bali: Universitas Udayana.

Lumoindong, C. (2023). Strategi komunikasi pemasaran Lion Parcel untuk meningkatkan brand awareness dengan menggunakan Denny Sumargo sebagai brand ambassador di media sosial Instagram. Jakarta: Universitas Paramadina.

Marina, R. (2022). Strategi komunikasi Pemerintah Kota Bandung dalam sosialisasi Mal Pelayanan Publik melalui media sosial Instagram. Bandung: Universitas Pasundan.

Munirah. (2015). Sistem pendidikan di Indonesia: Antara keinginan dan realita. Jurnal Pendidikan Islam. https://journal.uin-alauddin.ac.id/article/879

Nainggolan, N. T., et al. (2021). Komunikasi organisasi: Teori, inovasi, dan etika. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Nawawi, H., & Hadari, M. (1992). Instrumen penelitian bidang sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode penelitian kualitatif. Solo: Cakra Books.

Nur, E. (2018). Strategi komunikasi Pemerintah Kota Makassar dalam sosialisasi program Makassar Tidak Rantasa. Jurnal Pekommas, 3(1), 103–116.

Rahardjo, M. (2018). Paradigma interpretif. Malang: Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Severin, W. J., & Tankard Jr., J. W. (2014). Teori komunikasi: Sejarah, metode, dan terapan di dalam media massa (Edisi ke-5). Jakarta: Kencana Persada.

Simmons, R. E. (1990). Communication campaign management: A system approach. London: Longman.

Sugiyono. (2015a). Metode penelitian pendidikan kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015b). Metode penelitian kombinasi (mix methods). Bandung: Alfabeta.

Supranto, J. (2018). Teknik sampling untuk survei dan eksperimen. Jakarta: Rineka Cipta.

Suhartono, O. (2021). Kebijakan Merdeka Belajar dalam pelaksanaan pendidikan di masa pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1).

Tamsuri, A. (2022). Literatur review penggunaan metode Kirkpatrick untuk evaluasi pelatihan di Indonesia. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8).

Wisman, Y. (2017). Komunikasi efektif dalam dunia pendidikan. Jurnal Nomosleca, 3(2), 646–654.




DOI: https://doi.org/10.32509/dinamika.v10i2.5320

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


 Indexed by:

        

Recomended Tools:

 



Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi

Program Pascasarjana, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 082137118246 (Chat Only)

email: dinamika@jrl.moestopo.ac.id

 

Copyright (c) 2024 Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi

Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.